CITRA PEMIMPIN REMAJA


Camp Pendidikan Remaja (CPR) berdiri pada tahun 1997, dilatarbelakangi oleh kesadaran dan kepedulian PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) sebagai salah satu komponen bangsa yang merasa terpanggil untuk turut membangun bangsa.

CPR berorientasi menjadikan generasi muda Indonesia produktif, proaktif, tangguh dan bertakwa dengan berlandaskan pada agama, profesionalisme, inovasi, patriotisme serta kecintaan terhadap alam sekitar. Selain itu, salah satu tujuan utama CPR adalah menyiapkan generasi muda Indonesia sejak dini untuk mampu menjawab tantangan masa depan yang ada di hadapan mereka. Peserta berusia antara 13-18 tahun, pelatihan yang diberikan meliputi pendidikan kepemimpinan (leadership), tanggung jawab (responsibility) dan disiplin.


Melihat dampak positif yang dirasakan langsung oleh peserta, terutama pada pembentukan karakter kepemimpinan mereka, CNI melanjutkan CPR sebagai sebuah program rutin. Sebelumnya CPR diikuti oleh putra dan putri karyawan atau distrbutor CNI. Tapi mulai akhir 2007, CNI membuka program CPR untuk umum yaitu pelajar SLTP-SLTA dan berganti nama menjadi Citra Pemimpin Remaja.


“CPR” Citra Pemimpin Remaja adalah program pelatihan kepemimpinan di bawah naungan CNI peduli yang berorientasi melahirkan generasi muda yang handal, berdisiplin tinggi, mempunyai kepedulian sosial, kreatif dalam menghadapi era globaliasasi dengan tetap mengedepankan proses perkembangan peserta.
VISI
Menjadi pencetak generasi muda
Indonesia yang berkualitas melalui pembentukan karakter untuk menjadi calon-calon pemimpin di masa datang (To be the creator of finest Indonesian future leaders through young generation character building development).

MISI
Menumbuhkan jiwa kepimimpinan, kepedulian, kesatuan dan kemandirian (Cultivate Leadership, Caring, Unity, and Independen Characteristic)

MOTO/SLOGAN
”Kami Siap menjadi Pemimpin”
Untuk merealisasikan visi dan misi kami, Program CPR ini dikemas secara interaktif dengan metode “Learning by Doing”. Peserta akan dihadapkan pada contoh-contoh kondisi yang nantinya akan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.. Peserta juga dibagi per kelompok untuk melatih kerja sama (teamwork).

Tim Instruktur CPR merupakan tenaga ahli dan profesional di bidang pelatihan remaja, yang memiliki keterampilan dan keahlian dalam mengembangkan dinamika kelompok serta membantu peserta untuk menambah pengetahuan, mengubah perilaku menjadi lebih baik dan produktif, serta meningkatkan kecakapan dan keterampilan peserta melalui kegiatan training. Dalam pelaksanaannya, CPR menjunjung filosofi “CNI Lebih dari Sekadar Bisnis” yang turut berperan aktif dalam peningkatan kualitas generasi muda Indonesia.

Dengan mengikuti CPR dan kegiatan-kegiatan pasca CPR, para generasi muda diharapkan memiliki kepribadian yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

PROGRAM CPR
“Sekali Anda mengikuti Program CPR akan sangat sulit sekali bagi Anda untuk melupakanya, karena kegiatan ini memberikan nilai, pengetahuan dan pengalaman yang tidak akan Anda dapatkan di kelas”
Program CPR diterapkan untuk siswa-siswi SMP dan SMA. Tujuan program ini adalah membentuk sikap, cara berpikir serta persepsi yang kreatif dan positif dari setiap peserta, guna membentuk jiwa kepemimpinan, kepedulian, kebersamaan/teamwork, keterbukaan, toleransi dan kepekaan terhadap lingkungan. Peserta secara aktif dilibatkan dalam seluruh kegiatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan, kepercayaan diri, kemampuan untuk memimpin kelompok, kemandirian dan kemampuan untuk mengayomi sesama peserta sebagai suatu bekal dalam kepemimpinan mereka di kehidupan sehari-hari.

Pada akhirnya, peserta diharapkan mampu menghasilkan manfaat yang luar biasa berupa semangat, insiatif baru, harapan yang mampu memberikan dampak luar biasa, inisiatif, dan pola pemberdayaan baru untuk kemajuan siswa-siswi di sekolah. Mereka diharapkan menjadi pelajar yang berkarakter kuat, berkualitas dan membawa citra sekolah dengan baik.

CPR juga merupakan sarana edukasi melalui aktivitas-aktivitas yang menarik dan fun. Melalui program ini peserta juga bisa mengeksplorasi alam dan berinteraksi dengan teman-temannya, dengan lebih akrab serta bersosialisasi terhadap lingkungan yang baru.

Sasaran

  1. Meningkatkan rasa percaya diri.
  2. Meningkatkan kualitas SDM generasi muda dalam rangka menyongsong masa depan yang cemerlang.
  3. Membuka wawasan baru dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan bekerja sama dengan orang lain.
  4. Memberikan pengalaman untuk mandiri dan menyelesaikan masalah.
  5. Meningkatkan kualitas mental dan fisik.
    Belajar berkomunikasi secara efektif.
  6. Dengan kemampuan yang sudah ada saat ini, peserta diharapkan dapat meningkatkan dan menggali potensi diri yang belum disadari.
  7. Keterbukaan sikap (self-disclosure), memberi dan menerima umpan-balik (feedback).
  8. Menanamkan perasaan menghargai diri sendiri dan lain, serta meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan bertanggung jawab dari seluruh peserta.
  9. Membangun dan mengembangkan potensi remaja malalui kepemimpinan, kemandirian, kepedulian sosial dan kreativitas.
 Metode

  1. Media kegiatan yang digunakan adalah aktivitas di dalam dan di luar ruangan, berupa materi – materi seperti
    -
    Character Building.
    - Hiking & Games menarik yang disesuaikan dengan kebutuhan dasar calon pemimpin.
    - Simulation.
    - Assignment.
    - Coaching & Counselling.
    - Group Activity.
    - Testimony & graduation.
  2. Karakteristik kegiatan juga disesuaikan dengan tujuan program liburan alternatif, agar dapat mengakomodasi media belajar.
  3. Kegiatan yang dilakukan mengikuti kaidah ”Safety Procedure”, yang dijalankan mulai dari briefing dan persiapan, latihan dan pelaksanaan aktivitas.
  4. Didampingi instruktur yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi sebagai ”Indoor & Outdoor Training Expert
Untuk informasi lebih lanjut, Klik Disini

3 komentar:

  1. Mang Im, tolong buat link juga donk ke www.pemimpinremaja.com nya yah.... tq. sukses medan...

    BalasHapus
  2. Sdh Kak Diki, coba aja klik pada "Klik Disini" di akhir artikel di atas. Kemudian di banner samping juga sudah di link

    BalasHapus